Web Counter

Rabu, 25 Mei 2011

Main game PC di TV kenapa tidak

Bermain Game PC di TV? Kenapa Tidak.
Saat senggang atau ketika mulai lelah bermain game di PC, mungkin agan beralih sejenak menonton tv. Baru manteng beberapa menit, tiba-tiba kalian punya ide brilian: "Mungkin ngga ya PC gue bisa terhubung ke TV tanpa kabel?" Jawabannya : tentu bisa. Dengan kemajuan teknologi saat ini, menyalurkan sinyal gambar (video) dari graphics card ke televisi tanpa menggunakan kabel (nirkabel) tampaknya sudah mulai diaplikasikan pada perangkat elektronik (sebut saja produk Sony dan Toshiba yang integratif).  Dari deretan developer PC, pemain besar seperti Microsoft dan Apple juga tak ketinggalan. Kali ini kami coba menyajikan bagaimana melakukannya dengan Alienware seri M18x yang dipersenjatai Intel’s Wireless Display technology (WiDi), yang akan diluncurkan pada bulan Mei ini
Alienware M18x
Kelebihan teknologi WiDi yang digunakan Alienware untuk menyalurkan (streaming) terletak pada perangkat built-in WiFi transceiver dan graphics adaptor yang terpasang pada laptop hingga selain mampu mengeluarkan (output) juga bisa menangkap sinyal dari perangakat antarmuka (High-Definition Multimedia Interface) lainnya seperti peralatan audio/video digital, DVD termasuk televisi digital. Selanjutnya kamu hanya perlu memasang receiver seperti Netgear Push2TV di dekat televisi. Harganya juga lebih ekonomis ketimbang membeli satu set Wireless HDMI.
Netgear Push2TV
Perlu  diingat WiDi akan mengkompres sinyal video, dan kalian bisa melihat pengaruhnya pada tampilan teks di layar televisi. Tapi setelah pemasangan selesai, secara umum semua proses akan berjalan halus dan lancar. Sekarang kamu bisa mencobanya dengan menghubungkan laptop dengan TV. Teknologi WiDi juga akan menyalurkan gelombang audio ke speaker TV. Alienware bahkan sesumbar  M18x bisa menjalankan game Crysis 2 pada layar TV 18 inch pada gelombang 4Ghz. So, apakah ini artinya mimpi bermain game PC di televisi akan menjadi kenyataan? Kalau ya, para developer game konsol pasti mulai ketar-ketir.
Sepertinya memang masih ada sedikit problem saat menggunakannya untuk bermain game, karena ada jeda (lag) sekitar setengah detik antara tampilan di layar laptop dengan TV.
Tapi, ada berita bagus nih buat agan karena saat ini pabrikan ASUS juga telah mengembangkan perangkat WAVI untuk menyalurkan tampilan dan berjalan tanpa lag dari PC langsung ke layar TV. Hebatnya lagi, pengguna bisa menggunakan PC?laptop dari jarak 25 kaki dari TV dan remote TV juga bisa berfungsi sebagai hub USB. Wah, layak dinanti nih !



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Ingat Blog ini DoFollow jadi komen dulu ok

Folowers

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More