Web Counter

Rabu, 25 Mei 2011

Age of Conan Dijadikan Free-to-Play !

Dari beberapa MMORPG populer di dunia yang awalnya menggunakan sistem pay-to-play dengan mengharuskan player untuk membayar biaya bulanan kemudian beralih ke model free-to-play online gaming, maka Age of Conan menjadi calon berikutnya. Funcom baru saja mengumumkan untuk merealisasikan keinginan dari para gamer setianya untuk bisa menikmati  permainan secara GRATIS!

Bila dilihat sejarahnya, mungkin hanya menunggu waktu sebelum akhirnya Age of Conan bakal mengikuti jejak sejumlah MMO lain seperti Lord of the Rings Online, EverQuest II Extended, Champions Online, ataupun Global Agenda yang paling baru menghapus biaya bulanan untuk gamenya. Padahal sempat diberitakan sebelumnya bahwa Age of Conan di Korea dijadikan F2P maka dampaknya akan berakibat tutupnya layanan AoC internasionalnya, karena model bisnis demikian dianggap tidak akan menguntungkan di pasar global. Nyatanya? Jumlah user yang kian berkurang di AoC, sementara MMO seperti LotRO malah mendapat keuntungan besar setelah beralih ke model microtransaction.
Terlebih dari sejarahnya, Funcom telah lebih dulu mengalihkan sistem pembayaran untuk Anarchy Online menjadi advertisement-supported model game di tahun 2005 silam. Kemudian salah satu MOBA terbaru milik Funcom, Bloodline Champions juga diusung sebagai free-to-play arena based PvP. Keterangan terkait peralihan dan sejumlah ketentuan dalam Free atau Premium Content selanjutnya untuk Age of Conan: Rise of the Godslayer bisa dilihat di sini.
Meski demikian, Age of Conan tidak akan persis mengikuti metode advertisement yang dilakukannya pada Anarchy Online, melainkan lebih mirip seperti halnya Global Agenda dimana player masih memiliki pilihan membayar biaya bulanan dan mendapat fasilitas sebagaimana biasanya, atau menggunakan Funcom Points (dibeli dengan uang sungguhan) untuk ditukarkan dengan item khusus baik yang consumable atau resep, bahkan akses ke beberapa dungeon dan wilayah baru.



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Ingat Blog ini DoFollow jadi komen dulu ok

Folowers

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More